Floating Market Lembang: Tempat Mengasingkan Diri Dari Penatnya Kota Bandung – Bandung memang terkenal sebagai salah satu kota wisata.

Dari sekian banyak jenis tempat wisata yang tersiar di segala penjuru kota Bandung, mayoritas jenis wisata yang dikandungnya adalah alam.

Namun, tak hanya wisata alam dan tempat hiburan teknologi saja, Bandung juga terkenal dengan banyaknya lokasi-lokasi yang tepat untuk short getaway, yang salah satunya adalah Floating Market, terletak di daerah atas kota Bandung.

Ialah Floating Market Lembang, tempat wisata bernuansa alam yang lebih banyak didominasi oleh ornamen alam buatan manusia.

Sekilas Tentang Floating Market Lembang

floating market lembang 1

Bertempat di Lembang, tak di ragukan lagi bahwa Floating Market cocok sekali untuk wisata singkat untuk menyegarkan kembali pikiran dari rutinitas harian. Dari Bandung, Floating Market tidaklah susah dituju.

Banyak hal yang aku, dan pastinya kamu juga, sukai dari Floating Market ini. Ada banyak sekali keunikan yang ditawarkannya. Tempat wisata ini memiliki luas total sekitar 7 hektar.

Baca Juga: Wisata ke Gunung Batu Lembang

Walaupun bukan secara khusus merupakan wisata alam, Floating Market Lembang tetap menawarkan konsep alam sebagai ciri khasnya.

Terdapat danau kecil Situ Umar yang berada di tengah-tengahnya. Di danau tersebut pengunjung bisa menaiki perahu dan mengelilingi danau tersebut.

Keunikan lain yang ditawarkan adalah adanya nuansa pertanian dan budaya yang saling berkaitan erat. Semakin masuk ke dalam kamu akan menemui pondok-pondok kayu dan bambu yang terlihat sangat khas budaya Sunda.

kamu juga akan dijamu dengan musik tradisional Sunda. Terkadang ada pemain musik tradisional yang secara live akan menemani wisata kamu.

[postembed url=”https://walterpinem.me/sunrise-gunung-bromo/”]

Sembari menikmati nuansa desa dengan pertanian dan budaya tradisional, kamu juga bisa menikmati rangkaian jajanan makanan khas di sebelah kiri pintu masuk.

Terdapat juga barang-barang menarik seperti tanaman dan hiasan lainnya yang bisa dibeli di sana. Harganya pun tidak terlalu mahal untuk ukuran belanja di tempat wisata.

floating market lembang 4 floating market lembang 2 floating market lembang 3

Floating Market Lembang
Pintu Masuk Floating Market Lembang

Rute Menuju Floating Market Lembang

Ketika kamu sampai ke Lembang, mencari lokasi Floating Market tidaklah susah. Ada palang besar yang menunjukkan arah.

Dari belokan ke kanan ketika memasuki daerah Lembang, ikuti jalan terus ke kiri dan lurus saja ketika kamu melihat plang Floating Market. (Rute lengkap terdapat di akhir artikel).

Baca Juga: Pendakian ke Gunung Semeru

Secara keseluruhan, Floating Market ini cocok sekali dituju bersama keluarga. Tak hanya itu, menjelajahinya bersama teman-teman juga cocok, apalagi harga tiket masuknya tidak mahal untuk lokasi wisata sekelasnya.

Untuk kamu yang doyan foto, jangan khawatir karena tempat wisata yang satu ini memiliki banyak sekali spot foto yang keren.

Lokasi Floating Market & Informasi Penting

Alamat: Jalan Grand Hotel No. 33E, Lembang, Bandung, Jawa Barat

Jam Operasional

• Weekdays/Hari Biasa: Buka Mulai pukul 10:00 WIB – 17:00 WIB
  • Weekend/Akhir pekan: Buka Mulai pukul 09:00 WIB – 22:00 WIB

Harga Tiket Masuk Floating Market Lembang

• Rp 10.000,-/orang di hari biasa (Rp 15.000,-/orang di musim liburan)
  • Rp 5.000,-/kendaraan

(keterangan: tiket masuk bisa langsung ditukarkan dengan Lemon Tea, Milo, Coffe latte, dan Choco Latte di pintu masuk Floating Market Lembang)

Rincian Tambahan Mengenai Floating Market

Parkiran luas dan terdapat factory outlet di sekitar parkiran. Jika kamu ingin melihat-lihat factory outlet terlebih dahulu, jangan buru-buru masuk ke Floating Market, kecuali jika kamu tidak ingin menghabiskan waktu di luar.

Catatan: Parkiran, Factory Outlet, dan Floating Market utama berada di satu komplek yang sama.

Jenis Makanan yang Dijual dan Kisaran Harga

Bakso Tahu, Siomay, Tahu Lembang, Surabi, Sosis Bakar, Dim Sum, Karedok, Otak-otak (ikan), Jagung Bakar, Colenak, Mendoan, Batagor, dan sebagainya.

Kisaran harga antara Rp 5.000,- hingga Rp 35.000,-

Catatan: kamu juga bisa mendatangi perahu yang berisi dagangan makanan di danau Situ Umar.

Fasilitas Hiburan Lainnya di Floating Market Lembang

• ATV
  • Pondok lesehan
  • Memberi makan; angsa, kelinci, dan ikan
  • Kano
  • Flying Fox
  • Perahu
  • Sepeda air
  • Sampan
  • Kebun: strawberry dan sayur organik (bisa langsung petik)
  • dan sebagainya

Lokasi & Rute Dari Bandung Menuju Floating Market Lembang

Berikut Peta yang dari McD Simpang Dago ke Floating Market Lembang

Rute Menuju Floating Market Dengan Transportasi Umum

Cara menuju Floating Market tidaklah sulit. Dari McD Dago bisa menaiki angkot warna hijau rute Caheum-Ciroyom ke arah Cihampelas.

Sebelum sampai di Ciwalk, turun di pertigaan Gandok dan naik Caheum-Ledeng. Sampai di terminal Ledeng, naiki angkot ke arah Lembang (warna krem).

kamu juga bisa menaiki jurusan St. Hall – Lembang jika datang dari daerah Stasiun Bandung, Bandara Hussein Sastra Nagara, atau pun Cipaganti. Minta turun di Floating Market Lembang.

Baca Juga: Pendakian ke Gunung Slamet, Jawa Tengah

Jika kamu datang dari lokasi lain, misalnya Bandung daerah lainnya, Jakarta, Cirebon dan sebagainya, tujulah ke Jalan Cipaganti (sangat mudah dituju).

Dan dari jalan Cipaganti naiki angkot yang menuju Ledeng (kebanyakan berwarna hijau dan mudah dicari), kemudian dari Ledeng naiki angkot menuju Lembang (umumnya berwarna krem dan juga ada banyak). Selalulah minta turun di Floating Market, dan jangan khawatir, kamu tidak akan nyasar.

Rute Menuju Floating Market Dengan Transportasi Pribadi

Tujulah jalan Cipaganti ke arah kiri menuju Ledeng (bila ke kanan di persimpangan McD akan menuju Ciumbuleuit dan Cihampelas). Ketika berada di jalan menuju Ledeng, tujulah terus sampai Lembang (ikuti saja jalannya dengan minim belokan di persimpangan).

Sampai di Lembang, kamu akan melewati Pasar Lembang. Menuju persimpangan antara Bandung dan Tangkuban Perahu, belok ke kanan ke arah Bandung (Tangkuban Perahu ke arah kiri).

Baca Juga: Pendakian ke Gunung Sumbing, Jawa Tengah

Terus ikuti jalan kembali ke arah Bandung, dan beberapa ratus meter dari situ kamu akan menemui belokan ke kiri jalan searah, dan dibelokan kiri tersebut ada jalan lurus ke bawah dengan plang Floating Market Lembang di atasnya.

Masuk ke persimpangan jalan tersebut dan belok kiri di persimpangan pertama. Ikuti terus jalannya maka kamu sudah sampai. Parkirnya luas.

Floating Market Lembang: Penilaian Akhir

Secara keseluruhan, dari pengalaman kunjungan aku ke sana, Floating Market cocok sekali dijadikan tujuan wisata singkat bersama keluarga, teman, maupun seorang diri.

[postembed url=”https://walterpinem.me/pendakian-gunung-rinjani-via-sembalun/”]

Terutama bagi kamu yang sibuk dan membutuhkan break singkat dari rutinitas harian, terutama orang Bandung sendiri, Floating Market cocok sekali dijadikan tempat mengasingkan diri dari penatnya kota Bandung, rutinitas harian yang penuh dengan kesibukan, dan keinginan untuk bebas dari segala tugas.

Selamat menikmati short getaway kamu.

Baca Juga:

16. Solo Trip to Taman Alam Lumbini, Berastagi, Tanah Karo
  17. [Infographic] 10 Top Travel Hacks
  18. Kunjungan ke Floating Market Lembang
  19. Gereja Katedral Jakarta: Gereja Katolik Santa Maria Pelindung Diangkat Ke Surga
  20. Wisata ke Tebing Keraton Bandung
  27. Lesehan Pancur, Curup, Bengkulu: Jamuan Siang Kala Menjelajah Bengkulu
  28. Gunung Papandayan: Sebuah Pendakian yang Cocok Menjadi Weekend Getaway
  29. Menjelajahi Mangrove Forest Nusa Lembongan, Bali
  30. Mengintip Persiapan Menyambut Flower Garden Festival 2018 di Taman Bunga Inaya, Bengkulu
  31. Fort Marlborough: Saksi Sejarah Kekuasaan Inggris di Bumi Rafflesia Bengkulu